INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA (ITATS)
RENCANA PEMBELAJARAN
Jurusan : Arsitektur
Semester / Kode : 2 / 1304215
SKS : 2 (2 x 50 menit)
Dosen : Dian P.E. Laksmiyanti, ST, MT
Minggu ke
|
Kemampuan Akhir Yang
Diharapkan
|
Pokok Bahasan
|
Pustaka
|
Aktifitas Pembelajaran
dan waktu
|
Kriteria Penilaian
(indikator)
|
Assesmen
|
||
Bentuk
|
Bobot
|
|||||||
1
|
Menguji
kemampuan awal mahasiswa mampu menjelaskan tentang arsitektur dan konsep
ekologi
|
Pengantar
|
Penjelasan
GBPP, SAP, Kontrak Perkuliahan, Pengantar, pembentukan kelompok (maksimal 5 orang)
|
ketepatan menjawab pertanyaan
|
small test
|
-
|
||
2
|
Arsitektur
: Apa, Bagaimana, Untuk Siapa?
|
Pengertian
arsitektur dan peranan arsitek
|
3, 7
|
Pengertian
arsitektur, tujuan dan hakikat arsitektur. Kaitan fitrah manusia sebagai
mahluk individu dan sosial dengan arsitektur.
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan
|
-
|
|
3
|
Penanaman
pemahaman tentang pengertian lingkungan hidup dan ekosistem, Global Warming
|
Pengantar
Ekologi, Pencemaran Lingkungan dan Isu Global Warming
|
3, 7
|
Pengertian,
ruang lingkup dan komponen ilmu ekologi, pengertian dan aliran dalam
ekosistem, pengertian lingkungan dan ruang lingkupnya, hubungan timbal balik
antara manusia dan lingkungan
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan
|
-
|
|
4
|
Membentuk pemahaman tentang dampak teknologi. Penjelasan tugas 1
|
Limbah dan sampah
|
1, 2, 3, 4, 5, 7
|
Sumber,
pengelolaan limbah dan sampah
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan
|
-
|
|
4
|
Pemahaman tentang prinsip rancangan ekologis
|
Tugas
|
1, 2, 3, 4, 5, 7
|
Presentasi tugas setiap kelompok
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Presentasi dan diskusi
|
15%
|
|
5
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang green architecture
|
Arsitektur
hijau
|
7
|
Pengertian
arsitektur hijau, greenship GBCI
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan
|
-
|
|
6
|
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan tentang sustainable-arsitektur
|
Kearifan
lokal sebagai wujud bagian dari sustainable development
|
5
|
Paradigma
Arsitektur tropis - Tradition based paradigm : Reinvigorating tradition,
Reinventing tradition, Extending tradition, Reinterpreting tradition
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan
|
-
|
|
7
|
Pemahaman tentang aplikasi rancangan ekologis
|
Tugas
|
Presentasi tugas setiap kelompok
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Presentasi dan diskusi
|
15%
|
||
8
|
Evaluasi Tengah Semester
|
20%
|
||||||
9
|
Memahami prinsip dasar arsitektur berwawasan lingkungandan
berkelanjutan
|
Pengenalan Agenda 21
|
6.7
|
isi dan penjelasan singkat agenda 21
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan
|
-
|
|
10
|
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan kampung pesisir
|
Pembangunan berkelanjutan
|
6.7
|
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada
kampung pesisir
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
Perkuliahan,
Presentasi dan Diskusi
|
30%
|
|
11
|
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan konservasi
|
Pembangunan berkelanjutan
|
6.7
|
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada
kawasan konservasi
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
|||
12
|
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan real estate
|
Pembangunan berkelanjutan
|
6.7
|
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada
real estate
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
|||
13
|
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan industri
|
Pembangunan berkelanjutan
|
6.7
|
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada
kawasan industri
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
|||
14
|
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan CBD
|
Pembangunan berkelanjutan
|
6.7
|
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada
area CBD
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
|||
15
|
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan wisata
|
Pembangunan berkelanjutan
|
6.7
|
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada
kawasan wisata
|
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam
diskusi
|
|||
16
|
Evaluasi Akhir Semester
|
20%
|
Pustaka:
1. Hyde Richard, 2004, Climate Responsive Design, Mc Graw Hill, New York
2. Hyde Richard, 2008, Bioclimatic Housing, Mc Graw Hill, New York
3. Baker Nick and Koen Steemers, 2005, Eenergy and Environtment in Architecture, Taylor & Francis Group, New York
4. Architectural Institute of Japan (AIJ), 2005, Architecture for A Sustainable Future, IBEC, Tokyo
5. Stagno Bruno, 2008, Tropical Architecture
6. Agenda 21
7. Pustaka lain dari jurnal dan internet yang mendukung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar