Senin, 19 Januari 2015

Rencana Pembelajaran

INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA (ITATS)
RENCANA PEMBELAJARAN


Mata Kuliah         : Arsitektur Ekologi dan Berkelanjutan
Jurusan                 : Arsitektur
Semester / Kode   : 2 / 1304215
SKS                      : 2 (2 x 50 menit)
Dosen                   : Dian P.E. Laksmiyanti, ST, MT


Minggu ke
Kemampuan Akhir Yang Diharapkan
Pokok Bahasan
Pustaka
Aktifitas Pembelajaran dan waktu
Kriteria Penilaian (indikator)
Assesmen

Bentuk
Bobot

1
Menguji kemampuan awal mahasiswa mampu menjelaskan tentang arsitektur dan konsep ekologi
Pengantar

Penjelasan GBPP, SAP, Kontrak Perkuliahan, Pengantar, pembentukan kelompok (maksimal 5 orang)
ketepatan menjawab pertanyaan
small test
-

2
Arsitektur : Apa, Bagaimana, Untuk Siapa?
Pengertian arsitektur dan peranan arsitek
3, 7
Pengertian arsitektur, tujuan dan hakikat arsitektur. Kaitan fitrah manusia sebagai mahluk individu dan sosial dengan arsitektur.
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan
-

3
Penanaman pemahaman tentang pengertian lingkungan hidup dan ekosistem, Global Warming
Pengantar Ekologi, Pencemaran Lingkungan dan Isu Global Warming
3, 7
Pengertian, ruang lingkup dan komponen ilmu ekologi, pengertian dan aliran dalam ekosistem, pengertian lingkungan dan ruang lingkupnya, hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan
-

4
Membentuk pemahaman tentang dampak teknologi. Penjelasan tugas 1
Limbah dan sampah
1, 2, 3, 4, 5, 7
Sumber, pengelolaan limbah dan sampah
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan
-

4
Pemahaman tentang prinsip rancangan ekologis
Tugas
1, 2, 3, 4, 5, 7
Presentasi tugas setiap kelompok
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Presentasi dan diskusi
15%

5
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang green architecture
Arsitektur hijau
7
Pengertian arsitektur hijau, greenship GBCI
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan
-

6
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang sustainable-arsitektur
Kearifan lokal sebagai wujud bagian dari sustainable development
5
Paradigma Arsitektur tropis - Tradition based paradigm : Reinvigorating tradition, Reinventing tradition, Extending tradition, Reinterpreting tradition
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan
-

7
Pemahaman tentang aplikasi rancangan ekologis
Tugas

Presentasi tugas setiap kelompok
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Presentasi dan diskusi
15%

8
Evaluasi Tengah Semester
20%

9
Memahami prinsip dasar arsitektur berwawasan lingkungandan berkelanjutan
Pengenalan Agenda 21
6.7
isi dan penjelasan singkat agenda 21
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan
-
10
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan kampung pesisir
Pembangunan berkelanjutan
6.7
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada kampung pesisir
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
Perkuliahan, Presentasi dan Diskusi
30%
11
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan konservasi
Pembangunan berkelanjutan
6.7
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada kawasan konservasi
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
12
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan real estate
Pembangunan berkelanjutan
6.7
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada real estate
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
13
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan industri
Pembangunan berkelanjutan
6.7
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada kawasan industri
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
14
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan CBD
Pembangunan berkelanjutan
6.7
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada area CBD
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
15
Memahami penerapan agenda 21 pada kawasan wisata
Pembangunan berkelanjutan
6.7
Penerapan agenda 21 dan pembangunan berwawasan lingkungan pada kawasan wisata
Keseriusan mahasiswa dalam menyimak materi dan keaktifan dalam diskusi
16
Evaluasi Akhir Semester
20%


Pustaka:
1.   Hyde Richard, 2004, Climate Responsive Design, Mc Graw Hill, New York
2.  Hyde Richard, 2008, Bioclimatic Housing, Mc Graw Hill, New York
3.  Baker Nick and Koen Steemers, 2005, Eenergy and Environtment in Architecture, Taylor & Francis Group, New York
4.  Architectural Institute of Japan (AIJ), 2005, Architecture for A Sustainable Future, IBEC, Tokyo
5.  Stagno Bruno, 2008, Tropical Architecture
6.  Agenda 21
7.  Pustaka lain dari jurnal dan internet yang mendukung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar