Senin, 09 Maret 2015

Rencana Pembelajaran Sains Arsitekur

RENCANA PEMBELAJARAN BERBASIS KBK-KKNP

MATA KULIAH           : Sains Arsitektur (Kelas H)
JURUSAN                     : Arsitektur
SEMESTER / KODE    : 2 / 1304408
SKS                               : 1/1 (3x50menit)
Dosen                            : Dian P.E. Laksmiyanti, ST, MT
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Mahasiswa mampu menganalisa pengaruh komponen iklim terhadap kinerja energi banguan serta menerapkan konsep green architecture dan mengoptimalkan iklim mikro pada tapak dalam mendesain bangunan secara berkelompok dalam kerja sama tim.




Minggu ke
Kemampuan Akhir Yang Diharapkan
Pokok Bahasan
Pustaka
Aktifitas Pembelajaran dan waktu
Kriteria Penilaian (indikator)
Assessmen
Bentuk
Bobot
1
Memahami berbagai jenis sumber energi dan perlunya penghematan energi serta kedudukanya dalam Sistem Operasional Bangunan.
Arsitektur Sadar Energi
6, 9, 13
* Menjelaskan RP & Kontrak perkuliahan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perkuliahan
-
* Pembentukan Kelompok
* Penjelasan Tugas
Survey Studi Kasus
2
Menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan iklim dan aspek iklim serta pengaruhnya pada rancangan bangunan
Bangunan hemat energi
3,7,13
Karakteristik Iklim
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perkuliahan dan studio, Tugas 1
10%
Iklim Makro dan Mikro
Elemen Iklim
Pengukuran dengan menggunakan lux meter, thermometer, dan anemometer di lingkungan sekiar ITATS
Keteptan Penggunaan alat dan perekaman ata iklim mikro kawasan
3
Menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan iklim dan aspek iklim serta pengaruhnya pada rancangan bangunan.
Aspek Iklim dan Termal dalam bangunan
1,2, 4, 13
Building Performnce
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perkuliahan dan studio, Pembahasan Tugas kecil 1, penjelasan Tugas 2
-
Prinsip keseimbangan Thermal
Penjelasan Tugas 2
4
Menguraikan tentang penghawaan alami , sifat angin dan prinsip cross Ventilation
Aspek Desain dan Termal Bangunan
1,2, 4, 13
Angin
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perkuliahan dan studio, Tugas 2
20%
Cross ventilation
Menghitung kecepatan Angin pada ketinggian tertentu dan di tempat tertentu (power law)
Ketepatan perhitungan
5
Menghitung besar bukaan untuk penghawaan optimal pada bangunan dan mengintegrasikan dengan desain bangunan
Pernghawaan Alami
1, 2, 8, 10
Debet Aliran Udara pada Bangunan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Menghitung luas bukaan yang optimal pada studi kasus
Ketepatan perhitungan
6
Menguraikan tentang penghawaan buatan , sistem AC dan prinsip perancangan penghawaan buatan
Penghawaan Buatan
2, 5, 13
Aspek rancangan pada bangunan ber-AC
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Sistem AC
Memilih sistem AC penghawaan buatan yang paling tepat digunakan pada bangunan
Ketepatan alasan pemilihan dengan pertimbangan desain dan kebutuhan pengguna
7
Menghitung besar beban pendinginan pada bangunan dan mengintegrasikan dengan desain bangunan
Penghawaan Buatan
2, 5, 10, 13
Komponen beban pendinginan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perhitungan energi pendinginan
Ketepatan perhitungan


Test
20%
9
Menguraikan tentang karakteristik cahaya, penerangan alam dan pengaruhnya pada rancangan
Pencahayaan Alami
1,8, 10, 13
Pengertian Cahaya, Sifat Cahaya
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perkuliahan dan studio, Tugas 3
20%
Penjelasan Tugas 3
Ketepatan modeling
Copy Data Iklim dan install program
10
Mensimulasikan sebaran pencahayaan alami pada bangunan
Pencahayaan Alami
1,8, 10, 13
Kualitas dan Kuantitas pencahayaan alami dalam ruangan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Modelling Studi Kasus ecotect
Ketepatan modeling
11
Mensimulasikan sebaran pencahayaan alami pada bangunan
Pencahayaan Alami
1,8, 10, 13
Asistensi Tugas 3
Ketepatan modeling
Simulasi pencahayaan alami pada studi kasus
12
Menguraikan tentang penerangan buatan dan prinsip perancangan penerangan buatan, berbagai jenis lampu dan karakteristik masing-masing
Pencahayaan Buatan
2, 4, 10, 13
Pencahayaan Buatan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Teknik Pencahayaan Buatan
Menentukan titik lampu pada studi kasus
Ketepatan menggambar
13
Menghitung kebutuhan jumlah lampu untuk penerangan optimal dalam ruangan
Akustik
11, 12, 13
Standar kebutuhan pencahayaan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Menghitung kebutuhan penchayaan
Ketepatan perhitungan
14
Menguraikan tentang karakteristik suara, akustik ruang dan pengaruhnya pada rancangan
Akustik
2, 11, 12, 13
Pengertian dan karakter bunyi
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Perkuliahan dan studio, Tugas 4
10%
Perhitungan waktu dengung
Ketepatan perhitungan
15
Mampu menentukan bahan akustik yang sesuai dengan kebutuhan ruang untuk system akustik yang optimal dan memadukan dengan desain bangunan
Akustik
2, 11, 12, 13
Persyaratan akustik dalam ruangan
Keaktifan mahasiswa dalam menyimak materi dan diskusi
Treatment Akustik
Noice Criteria dan Noice Reduction
Ketepatan perhitungan


Test
20%

PUSTAKA
1. Satwiko Prasasto, 2004, Fisika Bangunan I, Edisi I, Penerbit Andi, Yogyakarta
2. Satwiko Prasasto, 2004, Fisika Bnagunan II, Edisi I, Penerbit Andi, Yogyakarta
3. Baker Nick dan Koen Steemers, (2005), Energy and Environmental in Architecture, Taylor & Francis Group, New York
4. SV Szokolay, 1980, Environmental Science Handbook, Longman Constrution Press, london
5. Jimmy S. Juwana, 2005, Panduan Sistem Bangunan Tinggi, Penerbit Erlangga, Jakarta
6. Hyde Richard, 2000, Climate Responsive Design, Mc. Graw, New York
7. Yeang Ken, 1994, Bioclimatic Skyscraper. London: Artemis London Limited
8. Lenchner Norbert, 2007, Heating, Cooling and Lighting, PT. Raja Grafindo Persda, Jakarta
9. Olgyay, V, 1972. Design with Climate- Bioclimatic approach to architectural regionalism, Princeton University Press, New Jersey
10. Heerwagen Dean, 2004, Passive and Active Environmental Controls, The Mc Graw Hill Company, New York
11. Leslie L Doelle, 1972, Environmental Accoustic, Mc. Graw, New York
12. Tampleton Duncan, 1997, Acoustics In The Build Environment, Reed Educational and Professional Publishing, Boston
13. Beberapa referensi dari internet, jurnal, dll. yang relevan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar